Yuk Cari Tahu Jenis-Jenis Pemanas Air yang Cocok untuk Hunian Anda

Jenis Pemanas Air untuk rumah

Pemanas air atau water heater kini memang sedang populer dan banyak digunakan karena sangat praktis dibandingkan dengan cara konvensional yakni merebus air lewat kompor. Nah ternyata banyak sekali jenis-jenis pemanas air yang beredar dipasaran. Bagi anda yang bingung memilih pemanas air yang cocok untuk rumah anda, simak penjelasannya berikut ini.

Pemanas Air Elektrik

Pemanas air tipe ini biasanya yang paling sering digunakan karena mudah digunakan dan juga harganya yang sangat terjangkau. Cara kerjanya adalah air dipanaskan menggunakan alat yang menggunakan tenaga listrik.

Namun pemanas air elektrik memakan listrik yang sangat besar. Untuk memanaskan 15 liter listrik, pemanas elektrik membutuhkan daya sekitar 350 hingga 500 watt.

Pemanas Air Gas

Sama seperti pemanas air elektrik, pemanas air gas juga cukup populer dikalangan masyarakat. Sistem kerja pemanas air gas sendiri bisa dibilang hampir sama dengan merebus air dengan kompor karena memanaskan air dengan api yang bersumber dari gas.

Jika anda ingin memasang pemanas air gas, pastikan kamar mandi milik anda memiliki ventilasi tersendiri untuk membuang asap pembakaran gas.

Pemanas Air Tenaga Surya

Jika anda mencari pemanas air yang tidak membutuhkan bahan bakar besar, maka pemanas air tenaga surya bisa jadi pilihan. Pemanas air tenaga surya kini sedang naik daun karena biaya penggunaannya sangat murah meriah dengan menggunakan panas matahari yang gratis.

Kekurangannya terletak pada harga alatnya. Pemanas air tenaga surya dibanderol dengan harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan sistem pemanas lain.

Pemanas Air Heat Pump

Pemanas air heat pump juga bisa jadi alternatif pemanas murah selain tenaga surya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup sedikit dan harga alatnya pun juga terjangkau. Pemanas air heat pump sendiri bekerja dengan cara memindahkan suhu air menggunakan kompressor dan freon.

Pemanas Air AC

Diantara semua jenis-jenis pemanas air, mungkin ini yang paling unik. Pemanas air tipe ini memanfaatkan panas buangan dari AC rumah anda untuk memanaskan air. Namun pemanas air AC sendiri tidak populer karena harus memodifikasi AC sehingga rentan terjadi kerusakan.

Nah itu tadi penjelasan tentang jenis-jenis pemanas air yang beredar di pasaran. Jadi tipe pemanas mana yang cocok dengan hunian anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.